Pengertian Model Pembelajaran REACT. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan di atas peneliti memakai taktik pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) yang sanggup diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan problem yang dihadapai siswa dalam belajar. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian Model Pembelajaran REACT, Tahapan Penilaian serta Kelebihan Dan Keuntungannya.
Definisi model pembelajaran REACT
Pengertian model pembelajaran REACT ialah merupakan model atau taktik pembelajaran kontekstual, dimana dalam model ini terdapat Langkah-langkah pembelajaran yang antara lain Relating (Mengaitkan), Experiencing (Mengalami), Applying (Menerapkan), Cooperating (Bekerja sama), and Transferring (Mentransfer).
REACT merupakan taktik pembelajaran konteks yang didasarkan pada bagaimana siswa mencar ilmu untuk mendapatkan pemahaman dan bagaimana guru mengajarkan untuk menawarkan pemahaman.
REACT merupakan taktik pembelajaran konteks yang didasarkan pada bagaimana siswa mencar ilmu untuk mendapatkan pemahaman dan bagaimana guru mengajarkan untuk menawarkan pemahaman.
Tahapan Model pembelajaran REACT
- Relating (mengaitkan) ialah mencar ilmu dalam konteks pengalaman manusia. Yang mana Kurikulum mencoba menempatkan pembelajaran dalam konteks pengalaman hidup dan kondisi sehari-hari. Kemudian menghubungkannya dengan situasi sehari-hari itu dengan isu gres yang diserap atau problem yang dipecahkan. Sebagai pola siswa mengamati gambar-gambar sebagai media pembelajaran, lalu mengaitkannya dengan kehidupan nyata.
- Experiencing (mengalami) ialah mencar ilmu dalam konteks eksplorasi, penemuan, dan diskaveri yang merupakan jantung pembelajaran kontekstual. Akan tetapi, siswa mungkin akan menjadi termotivasi dan merasa nyaman berkat hasil taktik pembelajaran lain menyerupai acara dengan teks, cerita, atau video. Pembelajaran tampak akan berjalan lebih cepat dikala siswa sanggup memanipulasi alat-alat dan materi dan mengerjakan bentuk-bentuk penelitian yang lain.
- Applying (menerapkan) ialah menerapkan konsep dan isu dalam konteks yang mempunyai kegunaan sering memproyeksikan siswa ke arah masa depan yang diperlukan atau ke arah daerah kerja yang mungkin tidak familier. Dalam pembelajaran kontekstual, penerapan sering didasarkan pada acara okupasional. Hal itu terjadi lewat teks, video, lab, dan kegiatan, meskipun dalam banyak sekolah, pengalaman pembelajaran kontekstual itu akan diikuti dengan pengalaman langsung, misalnya: wisata, pertanian, pengaturan, pementoran, dan pemagangan. setelah siswa sanggup melaksanakan sesuatu atau kegiatan yang sesuai dengan materi yang telah dipelajari maka siswa akan sanggup mengalami sendiri kegiatan yang ada pada materi pelajaran yang telah dipelajari.
- Cooperating (bekerja sama) ialah mencar ilmu dalam konteks peragihan, penanggapan, dan pengkomunikasian dengan pembelajar yang lain merupakan taktik pembelajaran yang utama dalam pengajaran kontekstual. Pengalaman berhubungan tidak hanya membantu sebagian besar siswa untuk mempelajari materi ajar. Oleh alasannya ialah itu, keterampilan kooperatif perlu mendapatkan perhatian serius supaya sanggup dikuasai dengan baik oleh siswa. yang dilakukan guru ialah membagi siswa menjadi beberapa kelompok lalu tiap kelompok mencari contoh-contoh perihal materi pelajaran yang telah dipelajari dilingkungan masyarakat sekitar
- Transferring (memindahkan) ialah pembelajaran sesuatu isi dalam konteks pengetahuan yang ada atau memindahkannya berlandaskan apa yang telah diketahui pelajar. Setelah siswa paham terhadap konsep yang dipelajarinya, maka selanjutnya siswa menerapkan atau memanfaatkan pengetahuan yang telah diperolehnya ke dalam konteks yang baru. siswa diajak untuk bertukar pikiran dengan teman lainnya untuk merumuskan hasil dari kegiatan pembelajaran mengenai materi pelajaran yang telah dipelajari.
Penilaian dalam Model Pembelajaran REACT
- Penilaian dilakukan selama dan sehabis proses pembelajaran berlangsung.
- Aspek yang diukur ialah keterampilan dan performasi, bukan mengingat fakta apakah akseptor didik mencar ilmu Atau apa yang sudah diketahui akseptor didik.
- Penilaian dilakukan secara berkelanjutan, yaitu dilakukan dalam beberapa tahapan dan periodik, sesuai dengan tahapan waktu dan bahasannya, baik dalam bentuk formatif maupun sumatif.
- Penilaian dilakukan secara integral, yaitu evaluasi aneka macam aspek pengetahuan, perilaku dan keterampilan akseptor didk sebagai satu kesatuan utuh.
- Hasil evaluasi dipakai sebagai feedbeak, yaitu untuk keperluan pengayaan (enrichment) standart minimal telah tercapai atau mengulang (remedial) kalau standart nilai belum tercapai
Kelebihan REACT
- Memperdalam pemahaman siswa Dalam pembelajaran siswa bukan hanya mendapatkan isu yang disampaikan oleh guru, melainkan melaksanakan acara mengerjakan Lomba Kompetensi Siswa sehingga bisa mengkaitkan dan mengalami sendiri prosesnya.
- Mengembangkan perilaku menghargai diri siswa dan orang lain
- Mengembangkan perilaku kebersamaan dan rasa saling mempunyai
- Mengembangkan keterampilan untuk masa depan
- Memudahkan siswa mengetahui kegunaaan materi dalam kehidupan sehari-hari
- Membuat mencar ilmu secara inklusif.
Kekurangan REACT
- Membutuhkan waktu yang usang bagi siswa dan guru
- Membutuhkan kemampuan khusus guru
- Menuntut sifat tertentu siswa.
Buat lebih berguna, kongsi: