Pengertian Biosfer & Tingkatkan Organisasi Makhluk Hidup

Pengertian Biosfer - Makhluk hidup merupakan salah satu komponen penghuni geosfer. Selain manusia, makhluk hidup yang menempati Planet Bumi yaitu binatang (fauna) dan tanaman (flora). Apa sih biosfer itu? Nah pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas pengertian biosfer secara lengkap. Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Biosfer

Secara etimologi biosfer merupakan adonan dari dua kata, yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi, biosfer yaitu lapisan tempat hidup (habitat) makhluk hidup. Biosfer mencakup lapisan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Ketiga lapisan tersebut saling berinteraksi dan membentuk lapisan biosfer tempat ditemukannya kehidupan di bumi. Selain itu, biosfer juga diartikan sebagai bab dari Bumi dan atmosfernya di mana organisme sanggup hidup dan melangsungkan kehidupannya. Dengan kata lain, hanya di biosferlah sistem kehidupan sanggup ditemukan.

 Makhluk hidup merupakan salah satu komponen penghuni geosfer Pengertian Biosfer & Tingkatkan Organisasi Makhluk Hidup


B. Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup

Makhluk hidup atau organisme mempunyai tingkat organisasi yang berkisar dari tingkat yang paling sederhana (protoplasma) ke tingkat organisasi yang paling kompleks (biosfer). Tingkat organisasi dari bawah ke atas, semakin kompleks. Secara lebih terperinci, jenjang kehidupan atau tingkatan organisasi makhluk hidup yaitu sebagai berikut.

Protoplasma
Protoplasma yaitu zat hidup dalam sel dan terdiri atas senyawa organik yang kompleks ibarat lemak, protein, dan sejenisnya.

Sel 
Sel yaitu satuan dasar suatu organisme dan terdiri atas protoplasma dan inti yang terkandung dalam membran.

Jaringan 
Jaringan yaitu kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama, contohnya jaringan otot.

Organ 
Organ yaitu bab dari suatu organisme yang mempunyai fungsi tertentu, contohnya kaki atau indera pendengaran pada binatang dan manusia, daun atau akar pada tumbuhan.

Sistem 

Sistem organ yaitu kolaborasi antara struktural dan fungsional yang harmonis, contohnya kolaborasi antara mata dan telinga, antara daun dan batang pada tumbuhan.

 Makhluk hidup merupakan salah satu komponen penghuni geosfer Pengertian Biosfer & Tingkatkan Organisasi Makhluk Hidup
Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup


Organisme
Organisme yaitu suatu benda hidup, atau makhluk hidup. Populasi yaitu kelompok organisme yang sejenis yang hidup dan berkembang biak pada suatu tempat tertentu. Misalnya, populasi insan di Jakarta, populasi banteng di Baluran, atau populasi rino di Ujung Kulon.

Komunitas
Komunitas yaitu semua populasi dari banyak sekali jenis yang menempati suatu tempat tertentu. Pada tempat tersebut tiap populasi saling berinteraksi. Misalnya, populasi harimau berinteraksi dengan populasi gajah di Sumatra Selatan, populasi ikan emas berinteraksi dengan populasi ikan mujaer di kolam.

Ekosistem 
Ekosistem yaitu tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Ekosistem merupakan relasi timbal balik yang kompleks antara organisme dan lingkungannya baik yang hidup maupun tak hidup (tanah, air, udara), yang secara bersamasama membentuk suatu sistem ekologi. Misalnya, ekosistem hutan mangrove di Segara Anakan atau ekosistem air tawar di danau Toba.

BACA JUGA: Persebaran Flora Fauna di Indonesia

Semoga artikel ihwal Pengertian Biosfer di atas sanggup bermanfaat bagi sahabat sekalian. Apabila ada diantara sahabat sekalian yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jagnan lupa like dan share juga ya sobat. Terima kasih... ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^
Buat lebih berguna, kongsi:

Contoh Permintaan Pengajian Pelantikan Masjid / Mushola

Contoh Undangan Pengajian Peresmian Masjid / Musholla. Surat undangan merupakan surat yang memberitahukan, mengajak, suatu usul atau permo...

close